Selamat Berkunjung di Blog's Paryanto | Media Informasi dan Silaturahmi

Sanggar Anak Saraswati Bersama Mitra Abadi EO, Gelar Pertunjukan Dolanan Anak DIY

Jumat, 05 April 2013

Share this history on :

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional serta Promosi Wisata  Tahun 2013, Sanggar Anak Saraswati bersama Mitra Abadi Even Organisation akan menggelar Festival Pertunjukan Dolanan Anak Trandisonal Jawa tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta, yang direncanakan Minggu 26 Mei 2013 di Taman Wisata Kuliner Niten Tirtonirmolo depan pasar Niten Baru Jalan Bantul Km 5,5 tepatnya selatan kampung Kweni.
Di event ini kami sengaja menggelar  pertunjukan permaianan anak (Dolanan Anak), sebagai wujud melestarikan budaya Indonesia khususnya budaya Jawa. Dolanan Anak dengan melantunkan lagu atau tembang Jawa hampir punah dan sudah jarang sekali dimainkan anak-anak sekarang. Tembang Cublak-cublak Suweng, Jamuran, Gundhul-gundhul Pacul, Sluku-sluku Bathok, Pitik Tukung dan lainnya akan kita tumbuhkan lagi di kegiatan ini, papar mas Rintoko mewakili Mitra Abadi EO.
Tujuan diselenggarakannya event ini mengingat permainan tradisional tampak berangsur-angsur hilang atau ditinggalkan, sehingga pada sisi pendidikan dasar, anak berusaha digiatkan lagi. Disamping itu dolanan anak merupakan pembelajaran anak terhadap nilai budaya khususnya dolanan budaya tradisional Jawa, sambungnya.
Rencana penyelenggaraan Pertunjukan Dolanan Anak ini sudah melalui tahap kajian dan mendapat respon positif dari pemerintah Provinsi DIY, Dinas Pemuda dan Olahraga Prop DIY, Dinas pariwisata DIY serta Dinas Kebudayaan Prop DIY.  Hasil kejuaraan akan mendapatkan Trophy dari Gubernur DIY dan Trophy Bupati Bantul.
Sedangkan Paryanto sekretaris panitia pertunjukan yang juga sebagai media officer sanggar anak Saraswati menyampaikan bahwa, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap nguri-uri kebudayan Jawi.  Selama ini kami membina anak-anak dengan mengedepankan budaya Jawa, dengan mengembangkan seni tari dan Musik perkusi garapan tembang Jawa.
Dalam event ini direncanakan akan diikuti sanggar anak se DIY.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : paryanto@saraswati.web.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan koment