Selamat Berkunjung di Blog's Paryanto | Media Informasi dan Silaturahmi

Mengenal Museum HM Soeharto

Sabtu, 04 Januari 2014

Share this history on :
Museum Jendral Besar dan mantan presiden Republik Indonesia HM Soeharto merupakan sebuah tempat
seluas 3620 meter persegi, dimana terdapat koleksi memoar tentang presiden yang mendapat julukan Bapak Pembangunan. Bangunan ini terletak di Kemusuk Argomulyo, Sedayu Kabupaten Bantul, sekitar tiga kilometer dari Polsek Sedayu.
Memasuki komplek memorial pengunjung akan disambut dengan patung Jendral Soeharto yang berdiri gagah memunggungi sebuah bangunan joglo seluas 600m persegi, di joglo tersebut pengunjung diminta mengisi buku tamu serta bisa meminta penjelasan mengenai seluk beluk memorial. Disamping kiri joglo terdapat sebuah ruangan diorama yang berisi penjelasan mengenai sosok Soeharto dari lahir hingga wafat.
Begitu memasuki ruang diorama pengunjung akan disuguhi berbagai kecanggihan teknik audio-visual. Ruangan ini di desain dengan teknologi interaktif yang dioperasikan dengan hanya menyentuh tombol navigasi yang diinginkan.
Cukup sentuh dan berbagai penjelasan mengenai Pak Harto akan muncul. Ruangan ini terbagi menjadi lima selasar, yakni selasar A berisi kilas balik tokoh ini, Selasar B yang menjelaskan keterlibatan Soeharto dalam Serangan Umum 1 Maret 1949. Kemudian Selasar C Trikora, Selasar D Penumpasan G30SPKI dan terakhir Selasar E memperlihatkan masa pembangunan Soeharto yang terkenal dengan program Repelitanya ini.
Keluar dari diorama Soeharto, ada sebuah petilasan bekas rumah tempat lahir penguasa orba ini. Sayang bangunan rumah sudah tidak berdiri, yang ada hanya pondasi rumah dan sebuah sumur yang konon sudah berusia 150 tahun.
Museum ini diresmikan oleh Probosutedjo dan Mbak Tutut pada 8 Juni 2013 silam, bertepatan dengan tanggal Lahir Pak Harto.
Selain mengunjungi museum pengunjung juga dapat membeli souvenir seperti kaos bergambar Pak Harto, gantungan kunci dan sebagainya hasil produk lokal.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : paryanto@saraswati.web.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan koment